APA YANG MENIMBULKAN KANKER PAYUDARA ?

Agaknya sulit bagi orang awam untuk dapat memahami mengapa para cendekiawan mengalami kemajuan yang demikian lamban untuk menemukan sesuatu yang amat manjur dan tepatdalam memerangi penyakit kanker terutama kanker payudara?Jawabnya sungguh arnat sederhana : ilmu medis hingga kini belum dapat menetapkan dengan pasti tentang penyebab sesungguhnyaatau penyebab yang pasti bagi timbulnya kanker payudara. Banyakamat faktor yang berkait dengannya dan ada banyak faktoryang langsung berpengaruh terhadap timbulnya, tetapi ada jugabanyak faktor yang menyembuhkan penyakit diabetes meningkatkan perkembangan keganasan kankerpayudara !Pada bab “Pendahuluan” anda telah memperoleh sedikit penjelasan tentang rawan kanker paS,udara pada halaman-halaman sebelumnya.

kanker-payudaraModernisasi dan industrialisasi yang menyebabkan pergeseran gaya hidup dari yang tradisional menjadi modern, dandapat dikaitkan dengan meningkatnya kasus kanker pada umumnya.Adanya polusi karena limbah industri serta perubahan sikaphidup, menyebabkan meningkatnya kasus penyakit tidak menular, diantaranya KANKER. Kebiasaan menkonsumsi makanan berlemak (keju, dressing dsb-nya) yang berlebihan merupakan pendukung urtuk terjadinyakanker payudara. Pola hidup ,rodern dapat menimbulkan antaralain stress dan stress antara lain dapat disebut sebagai salah satupendukunr penyebab kanker payudara sebuah penyakit yangamat menyeramkan! Faktor-faktor peningkatan risiko lain : haidpertama sebelum umur 13 tahun atau,lepas haid (rnenopause)setelah usia 50 tahun; anak pertama lahir setelah umur 50 tahun,tidak mempunyai anak, tidak menyusui anak, menderita penyakitdysplasia mamma dan ada keluarga yang menderita kanker. Dibawah ini diutarakan beberapa penyebab yang berkaitandengan timbulnya kanker payudara, yang masih perlu dikaji dengan penyelidikan lebih lanjut

VIRUS.

Sebagaimana sudah diketahui, ada Virus yang tergolong agenpenyebab penyakit.Bentuknya demikian lembut, tidak dapat dilihat dengan mata telanjang,hingga untuk memantaunya dibutuhkan bantuan alatmikroskop. Virus tersebut baru kita kenal dizaman modern inisetelah ditemukannya mikroskop elektron nan canggih.Nah, virus telah ditemukan didalam tumor payudara dan jugadidalam air susu penderita kanker payudara. Dengan tidak mengkesampingkanbahwa virus serupa juga dapat ditemukan didalamair susu wanita dengan kesehatan normal, hanya sudah tentujumlahnya berbeda jauh atau jauh }ebih sedikit. Tetapi jumlahvirus yang ditemukan didalam payudara wanita yang sehat denganlatar belakang ada anggauta keluarga yang menderita kanker payudara,jumlahnya akan jauh lebih banyak.Pernyataan tersebut kedengarannya cukup mengherankanbukan, tetapi itu sekedar sebuah kenyataan saja. Pada binatang,kanker payudara disebabkan oleh virus. Pada manusia belum ada bukti bahwa kanker payudara disebabkan oleh virus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *