Cara Mempersiapkan Diri untuk Mengubah Gaya Hidup Anda

Apakah Anda sudah siap menurunkan betat badan? Jika ditanya, sebagian besar orang yang kelebihan berat badan akan menjawab, “Saya ingin sekali menurunkan betat badan.” Mayoritas orang yang kegemukan juga bisa membuat daftar alasan mengapa mereka ingin menurunkan berat badan.

Namun pertanyaan yang lebih sulit diiawab adalah: Apakah Anda siap melakukan apa saja agar berat badan Anda turun? Apakah Anda sudah siap dan mau mengubah kebiasaan makan dan olahraga Anda? Menilai tingkat kesiapan Anda untuk berubah serta “pendorong” dan “penghalang” untuk mencapai penurunafl berat badan adalah langkah pertama yang sangat penting dalam proses perubahan gaya hidup.

olahraga-teraturArti Sebuah “Kesiapan” Ilmuwan yang mempelajari perubahan perilaku telah menemukan lima tahap yang harus dilalui orang-orang yang ingin mengubah kebiasaan mereka, yaitu: pra-kontemplasi, kontemplasi, persiapan, tindakan, dan pemeliharaan.

Orang- orang dalam tahap pra-kontemplasi tidak berminat atau tidak memikirkan perubahan gaya hidup sampai enam bulan kemudian. Berat badan tidak dianggap sebagai ancaman terhadap kesehatan mereka, atau mungkin meteka memiliki prioritas-prioritas lain sehingga mereka belum siap untuk memusatkan perhatian pada perubahan gaya hidup. Jika sudah masuk ke dalam tahap kontemplasi, maka Anda mulai memikirkan cara pengobatan diabetes melitus tipe 1 untuk mengubah gaya hidup selama enam bulan mendatang.

Sepertinya Anda sedang mempertimbangkan untung rugi mengubah kebiasaan olahraga dan makan Anda. Orang yang berada dalam tahap kontemplasi biasanya mencad suatu motivasi dan mengatakan, “Saya ingin menurunkan berat badan” atau “Saya membutuhkan program untuk memotivasi saya.” Biasanya mereka sedang menunggu waktu yang tepat untuk memulainya atau mengharapkan kehadiran sebuah pil ajaib, program diet kilat atau alat termtxakhir yang menjanjikan hasil cepat dengan usaha seminimal mungkin.

Ketika menyadari caramereka membicatakan penurunan berat badan atau membuat pefubahan gaya hidup, mereka pun berkata, “Saya seharusnya melakukannya,tetapi …” atau “Terlalu berat.” Tahap bedkutnya adalah persiapan. Mereka yang betada dalam tahap tni berencana membuat perubahan gaya hidup dalam satu bulan mendatang.

Mereka bahkan sudah mulai membuat perubahan kecil pada kebiasaan betolahraga dan makan mereka, dan berniat melakukan lebih dari itu. Mungkin mereka ingin mendaftarkan diri mengikuti kelas di pusat kebugaran atau mencatat makanan apa saia yang sudah dikonsumsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *