Di negara yang lebih maju, perilaku perorangan telah tampil sebagai suatu faktor yang juga menentukan kesehatan

Kedua tujuan tersebut, yakni suatu masyarakat yang tidak merokok atau memakai rokok yang tak begitu berbahaya, tak boleh dipandang sebagai obat alami untuk penderita kencing manis dua hal yang bertentangan; kedua-duanya boleh diusahakan sekaligus. Tiap pilihan perorangan yang relevan pada gilirannya di pengaruhi oleh lingkungan politik dan sosial di mana ia hidup. Pemerintah tak boleh dan sebagian besar orang akan setuju -jangan sampai mendiktekan perilaku yang secara kedokteran bersifat rasional atas tiap orang. Akan tetapi ia juga tak boleh menggaiakkan perilaku yang merusak.

kesehatan-tubuhSeperti dikatakan oleh Dr. Daniel Horn, salah seorang pelopor dalam survei kebiasaan merokok dan kesehatan, yang menjadi tantangan dewasa ini ialah, mengidentifikasi cara-cara yang bisa kita gunakan untuk menolong orang banyak – baik anak-anak maupun orang dewasa – guna meningkatkan kemampuan mereka memahami semua persoalan dalam perilaku kesehatan yang didasarkan atas pilihan sendiri, dan kemampuan untuk membuat pilihan baik demi kepentingan mereka sendiri maupun demi kepentingan masyarakat pada umumnya,”

Masalah Polusi di Udara

Setidak-tidaknya semenjak umat manusia menemukan api, polusi udara telah merugikan orang banyak. Nafas yang dikeluarkan dari paru-paru itu sendiri mengubah komposisi udara, akan tetapi barangkali memasak dan api perdianganlah yangpertama kali melepaskan “polusi” ke udara. Kegiatan pabrik dan pengangkutan mekanis hanyalah mengayunkan suhtu proses yang umurnya lebih tua daripada peradaban. Sifat dan tingkat polusi udara telah mengalami keaneka-ragaman selama ribuan tahun, dan sikap umat manusia terhadapnya juga telah mengalami perubahan: Keprihatinan yang semakin meinuncak mengenai pengotoran udaralah yang merupakan faktor terpenting yang membangkitkan gelombang wawasan lingkungan (environmentalisme) belakangan ini. Tempat perapian manusia prasejarah jelas merupakan penyebab polusi. Udara yang penuh asap di dalam gua, tenda, atau rumah, dan ada kalanya di atas pedesan, memerihkan mata dan merangsang terjadinya kekacauan pada paru-paru dan jantung. (Keadaan demikian masih kerap berlangsung dewasa ini pada separoh umat manusia yang memasak dengan kayu atau pupuk kandang yang sudah dikeringkan; di bawah keadaan-keadaan meteorologis yang tepat, asap dari kayu bakar memenuhi lembah-lembah luas dengan uap yang nampak seperti kabut).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *