Jarang sekali suatu penyakit mendominasi suatu kurun seperti penyakit jantung koroner mendominasi kurun kita

penyakit-jantung-koronerPenelitian-penelitian menunjukkan bahwa, dalam kata-kata ahli nutrisi Jean Mayer, “pengurangan kegiatan hingga di bawah suatu batas tertentu tak lagi akan diikuti dengan pengurangan selera”). Dengan demikian kedua sisi dari persamaan menu kegiatan jasmani harus diperhitungkan kalau kita tak menginginkan lemak yang mengancam kehidupan. Meskipun dulunya jarang sekali menyerang orang-orang tua, ia kini merupakan obat herbal penyakit diabetes penyebab kematian utama di kalangan orang tua dan orang setengah baya di banyak negara; dan ada kalanya ia juga merbnggut nyawa yang muda-muda.

Menu mewah dan gaya hidup sedenter adalah penyebab penyakit ini baik di dunia maju maupun di kota besar di negara-negara miskin. Semua penyakit kardiovaskular, termasuk penyakit jantung koroner, kelumpuhan, penyakit-penyakit pembuluh darah, dan sebagainya merupakan penyebab separuh dari seluruh kematian di negara-negara industri. Penyakit jantung koroner, yang juga melibatkan pembuluh-pembuluh nadi koroner lewat mana jantung mendapatkan darah, terkadang memuncak menjadi “serangan jantung” begitu aliran darah terhadang. Penyakit ini menyebabkan satu dari tiga kematian di banyak negara maju, misalnya Amerika Serikat, yang merenggut sekitar 200.000 jiwa tiap tahun.

Di Jepang dan Perancis, serebrovaskular (penyakit pembuluh darah otak) atau kelumpuhan yang antara lain disebabkan oieh terhalangnya aliran darah ke bagian-bagian otak, bahkan menyebabkan lebih banyak kematian dibanding dengan penyakit jantung koroner. Data-data Organisasi Kesehatan Sedunia yang diambil dari delapanbelas negara Barat mengungkapkan peningkatan penyakitjantung koroner antara tahun 1950 hingga 1968 bagi tiap kelompok umur. Di antara mereka yang berumur tigapuluh lima hingga empatpuluh lima tahun, penyakit ini meningkat lebih dari 50 prosen; dan di antara mereka yang berumur empatpuluh lima hingga limapuiuhlima tahun lebih dari 30 persen.

Di Amerika Serikat, di mana kematian demikian lebih sering terjadi daripada di semua negara besar lainnya, frekuensi kematian akibat penyakit ini pada tiap kelompok umur telah berkurang semenjak tahun 1960-an. Pengobatan kedokteran bagi para penderita jantung yang semakin baik serta gaya hidup yang berubah barangkali turut menyebabkan penurunan ini. Juga di Kerajaan Inggris, tingkat kematian penyakit jantung koroner di kalangan kaum pria tak-Iagi meningkat semenjak tahun 1965.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *