Kurangnya keinginan mungkin berkaitan dengan kesenangan yang diberikan oleh kebiasaan itu, atau ketakutan pada kegagalan

Dasar pemikiran bab ini adalah bahwa kita perlu mengambil pelajaran dari kecanduan klasik dan menerapkannya tidak hanya pada kecanduan yang sudah jelas dalam kehidupan kita tetapi pada kebiasaan lain yang memerlukan perubahan. Mereka yang bergumui dengan rokok, alkohol, kafein, atau obat-obatan candu barangkali sadar betul bahwa kita perlu menghentikan sama sekali kebiasaan ini.

Namun demikian hal yang sama berlaku pada hal candu dan kebiasaan lainnya-menerima perlunya lepas total bisa membebaskan Anda dari siklus membuat dan memutuskan resolusi Anda yang paling kuat, sekali dan selamanya.

Kenali Kebiasaan yang Merusak Kesehatan Anda

12Saya ingin menantang Anda melihat secara sungguh-sungguh pada gaya hidup Anda dan kebiasaan yang merusak kesehatan Anda. Anda mungkin akan mengenali bidang di mana perlu segera diadakan perubahan dalam gaya hidup Anda, namun Anda tidak mempunyai keinginan untuk membuat perubahan drastis semacam itu.

Akan tetapi, saat membaca seluruh sisa bab ini, Anda akan mengetahui bahwa sekalipun mengubah kebiasaan yang paling dihargai, sebenarnya akan memberikan Anda lebih banyak kesenangan dalam jangka waktu yang lama.

Selanjutnya, terlepas dari berapa banyak kegagalan Anda di masa lampau, bahan yang berikut bisa membantu Anda kali ini. Saya ingin memberikan satu dorongan lain saat Anda mencari-cari bidang mana yang memerlukan perubahan dalam kehidupan dan akar penyebab masalah Anda.

Perkenankan saya mengilustrasikannya dalam sebuah contoh. Kita katakan saja bahwa Anda mempunyai dua masalah: makan berlebihan dan kurang olahraga. Ketika Anda menganalisa masalah ini, Anda mendapati masalah yang ketiga adanya kecanduan yang merupakan akar penyebab berperannya serta pada kedua masalah sebelumnya.

Anda menyadari bahwa Anda adaiah salah satu individu yang mempunyai hambatan terbesar antara Anda dan program olahraga teratv yaitu waktu yang digunakan untuk televisi. Anda iuga mengetahui bahwa TV memberikan kesempatan bagi masalah terbesar Anda terhadap makan makanan ringan secara berlebihan. Maka tujuan gaya hidup Anda barangkali mengatasi kecanduan televisi Anda.

Bila Anda berada seutuhnya dalam kendali terhadap kebiasaan menonton Anda, ini mungkin hanya masalah menempatkan pedoman spesifik tertentu atas kapan, apa, dan berapa banyak Anda akan menonton. Akan tetapi, jika TV mengambil peran candu dalam kehidupan Anda, pemutusan yang tegas dan total mungkin diperluhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *