Olahraga Mepengaruhi Pengerahan Tenaga Yang Bermanfaat Bagi Sirkulasi

pagi olah ragaNamun olahraga yang berlebihan mungkin akan membahayakan pengaliran darah. Sebagai contoh, bagi mereka yang berolahraga di panas terik dan berkeringat banyak kemungkinan mendapat masalah dengan penggumpalan karena “pengentalan darah” sebab volume darah menyusut.6T Air minum masih mempunyai kegunaan lain. Pasti ibu Anda sudah memberitahu bahwa itu bagus untuk ginjal dan saluran kencing. Akan tetapi, ia barangkali tidak menyadari efeknya dalam membantu mencegah penyakit kantung empedu.

Sejumlah penelitian telah mengindikasikan bahwa minum sebanyak-banyaknya air membantu mencairkan empedu dalam kantung empedu dan dengan demikian mengurangi risiko pembentukan batu. Mereka yang kelebihan berat badan, atau mempunyai riwayat keluarga dengan batu empedu, atau yang diketahui berpenyakit kantung empedu sebaiknya mempertimbangkan dengan sungguh-sungguh manfaat minum lebih banyak air.

Dalam praktik medis, saya telah mendapati bahwa asupan air yang kurang memadai bahkan bisa meniru hipoglikemia. Masalah ini tampaknya lebih umum pada individu yang lebih muda dengan tekanan darah rendah. Saya tidak akan pernah melupakan seorang wanita karir yang sudah melakukan pemeriksaan secara luas untuk menentukan mengapa ia mengalami “serangan pingsan hipoglikemik.” Tidak satupun dari pemeriksaan itu memberi jawaban. Setelah evaluasi yang ekstensif ini, saya menduga masalahnya terletak pada sesuatu yang sederhana yakni kurangnya asupan cairan. Saya dengan tegas mendesaknya untuk minum sedikitnya 12 gelas air tiap hari. Ia mengikuti instruksi saya dan masalahnya terselesaikan, Minum lebih banyak air mengurangi risiko batu ginjal dengan melarutkan kandungan mineral dalam sistem perkencingan.

Mengkonsumsi sebanyak mungkin air juga bisa mengurangi risiko infeksi saluran kencing. Minum air di antara para perokok juga bisa membantu mengurangi risiko kanker kandung kencing untuk alasan yang sama. Merokok menambah karsinogen kuat (seperti dijelaskan dalam Bab 15, “Sekarat untuk Sebatang Rokok? Singkirkan Kebiasaan dan Jalani Hidup”), yang beberapa di antaranya disimpan dalam kantung kencing. Semakin banyak air yang diminum seseorang, semakin sedikit penumpukan racun-racun tersebut, dan semakin besar rangsangan untuk mengeluarkan dan membuangnya.

Faktanya, air minum mempunyai begitu banyak kegunaan, sehingga terbitan baru-baru ini dari Journal of the American Medical Association membawa perhatian pada risiko tertentu yang dihadapi orang tua Amerika dari kurangnya minum air, Para periset Harvard memperkirakan bahwa dengan memastikan para orang tua minum cukup cairan, maka lebih dari satu juta hari perawatan rumah sakit berkurang dan lebih dari satu billun dolar tiap tahun akan dihemat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *