Pengobatan nyeri membutuhkan waktu yang lama

tips mengatasi pegal linu dan nyeri ototMaupun oleh komplikasi pada pengobatan kanker itu sendiri, seperti sindroma nyeri post operasi, post radiasi, post khemoterapi. Juga oleh lain sebab misalnya gangguan rhematik, gangguan psykis dsb. Untuk mengatasi nyeri pada penderita kanker tidaklah mudah. Walaupun dengan pengobatan ia dapat dihilangkan atau dikurangi, tetapi itu semua hanya untuk sementara saja, karena bila pengobatan dihentikan rasa nyeri itu akan timbul lagi dan ini dapat berlangsung selama hidup sipenderita. Menghilangkan rasa nyeri dengan jalan di operasi, dapat menghilangkan rasa nyeri yang cukup lama walau kadang-kadang rasa nyeri itu kambuh lagi, tetapi umumnya tidak seberat sebelum di operasi.

HORMON TERAPI : (untuk merubah lingkungan hidup sel kanker sehingga pertumbuhannya terhenti dan timbul regresi) sering dipakai untuk menurunkan gula darah mengawasi perkembangan kanker yang telah bermetastasis. Bila tumor anda memiliki sifat ketergantungan pada hormon, dan terdapat gejala pertumbuhan kembali dari kanker atau terjadi metastasis, dokter ahli bedah akan menganjurkan agar inilung telur (ovarium) anda sebaiknya diangkat (ovariektomi atau ooforektomi). Anjuran dokter didasarkan atas pengetahuan, bahwa kanker payudara mempunyai ketergarrtungan pada hormon wanita yaitu estrogen, untuk pertumbuhannya.

Dengan diangkatnya indung telur produksi estrogen dihentikan. Dari serirua kasus, 25 – 40% menunjukkan pertumbuhan sel kanker untuk sebagian besar berhasil ditekan atau dihentikan sama sekali sampai waktu setahun. Bila usaha ini lama kelamaan tidak memperlihatkan keberhasilannya, ada kemungkinan dimana dokter anda menganjurkan diangkatnya kelenjar adrenal anda (adrenalektomi), atau bahkan juga mungkin pengangkatan dari kelenjar pituitari (hypofisektomi). Jenis operasi yang dikemukakan diatas ini membawa sebuah remisi dari waktu satu atau dua tahun pada 30 – 40%.

Ooforektomi, adrenalektomi, dan hypofisektomi dimaksud untuk mengubah keseimbangan hormon lewat cara meniadakan sumber estrogen. Masih terdapat cara lain untuk mengatasi keseimbangan hormon, para dokter dapat memberikan hormon jenis lain untuk melawan-balik efek dari hormon yang tidak dikehendaki. Sebagai contoh : bila sebuah tumor pada seorang wanita diketahui memiliki ketergantungan pada estrogen yaitu hormon wanita, hormon pria yaitu endrogen dapat diberikan untuk melawan balik estrogen tersebut. cara perawatan demikian memiliki efektivitas kurang lebih 20% untuk menjadikan remisi yang mampu bertahan hingga satu tahun lamanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *