Tips Menghindari Komplikasi Diabetes

Kadar gula yang tidak stabil atau sering tinggi dapat mengakibatkan komplikasi diabetes.
Komplikasi diabetes ini seperti gagal ginjal, radiovascular, jantung, retinopati dan ulkus diabetes.

Berikut ini tips agar terhindar dari komplikasi diabetes:
1. Hati-hati Memilih Karbohidrat
Menghindari diabetes bukan berarti Anda harus menghindari sepenuhnya asupan karbohidrat.
Melainkan dengan memilih karbohidrat yang dapat diserap secara perlahan oleh tubuh. Anda bisa mengganti nasi putih dengan nasi merah, nasi hitam, gandum, kacang-kacangan, sayuran segar dan buah-buahan. Perhatikan pula untuk porsinya, meskipun boleh bukan berati harus berlebihan atau dengan porsi sedang.

2. Turunkan Berat Badan
Bagi Anda yang kelebihan berat badan, Anda bisa menurunkannya dengan cara berolahraga.
Dengan menurunkan beberapa kilogram saja, olahraga ini dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Tujuan utamanya adalah untuk membakar kalori yang berlebih. Menurunkan berat badan juga bisa dengan cara menjaga pola makan, hindari makanan fast food, makanan instan, keripik, kentang goreng dan makanan manis lainnya.

3. Tidur Yang Cukup
Tidur sebaiknya 8 jam dalam sehari, jangan terlalu banyak ataupun terlalu sedikit. Karena jika Anda kurang tidur atau tidur berlebihan akan memicu nafsu makan. Ini sebabnya ada dorongan untuk konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Hal ini juga dapat menambah berat badan dengan cepat.

4. Memantau Gula Darah Harian
Disarankan untuk penderita diabetes selalu memantau kadar gula mereka secara rutin. Ini merupakan salah satu cara untuk menghindari terjadinya komplikasi atau bahkan mencegah diabetes semakin parah.

5. Hentikan Kebiasaan Merokok
Kebiasaan merokok pada penderita diabetes akan berpeluang lebih besar untuk meninggal daripada penderita diabetes yang tidak merokok. Berhenti merokok dapat membantu jantung dan paru-paru sehingga tekanan darah juga turun dan terhindar dari resiko serangan jantung, kerusakan syaraf dan penyakit ginjal.

6. Atur Jadwal ke Dokter
Sebaiknya Anda mengunjungi dokter kurang lebih dua sampai empat kali dalam 1 tahun.
Tetapi jika Anda butuh bantuan untuk menjaga kadar gula agar stabil, Anda bisa berkunjung ke dokter lebih sering. Anda juga dapat mengatasinya dengan memilih obat herbal penyakit diabetes melitus yang sudah terbukti ampuh dan aman ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *