Paparan Sinar Matahari Sebagai Penyebab Kanker Kulit

Paparan Sinar Matahari Sebagai Penyebab Kanker Kulit – Paparan radiasi Ultraviolet B (UV-B) dari sinar Matahari adalah salah satu penyebab kanker kulit. Hal ini, ditunjukkan dari data Negara Australia hampir 14% dari orang dewasa, 24% dari remaja dan 8% dari anak-anak terkena radiasi Ultraviolet.

Paparan Sinar Matahari Sebagai Penyebab Kanker Kulit

Dampak dari sinar ultraviolet B secara berlebihan bagi kulit yaitu munculnya bercak-bercak hitam pada kulit, kulit menjadi kusam, rusaknya sel-sel pada kulit, dan dampak besarnya adalah kanker kulit. Karena sinar Ultraviolet B ini mampu membakar dan merusak kulit ari.

Pemicu kerusakan sel pada kulit sehingga menyebabkan kanker kulit tidak hanya dipicu dari paparan sinar UV-B secara langsung tetapi juga dipucu dari sister hormon pada tubuh, kosmetik, zat pewangi ataupun obat-obatan tertentu. Tetapi dalam jumlah kecil paparan sinar UV-B dapat bermanfaat bagi tubuh yaitu untuk sistesis vitamin B pada kulit.

Untuk menghindari paparan radiasi Ultraviolet B (UV-B) dari sinar matahari diantaranya adalah:

  • Memakai tabir surya atau sun block yang mengandung bahan yang bisa menyerap dan memantulkan energy sinar matahari secara langsung. Selain itu untuk perawatan kulit dari dalam tubuh setelah pemakain tabir surya Anda bisa mengkonsumsi suplemen kulit gluta panace, disamping produk ini tidak mempunyai efek samping panacea juga aman dikonsumsi untuk segala jenis kulit karena terbuat dari bahan-bahan herbal/alami, harga panacea original juga tidak terlalu mahal.
  • Menghindari kontak kulit secara langsung dari sinar matahari. Bisa juga memakai pelindung kepala atau topi yang lebar agar sinar matahari tidak langsung terkontak terhadap kulit.

Pemilihan tabir surya yang baik ialah yang mengandung zeng oksida, titanium dioksida yang dapat menghamburkan serta memantulkan sinar matahari secara langsung. Biasanya tabir surya atau sun block berbentuk krim, gel ataupun cairan. Perlu diingat juga, untuk pemilihan tabir surya atau sun block pemakainnya sesuai dengan jenis kulit individu masing-masing apakah kulit yang dipunya berminyak atau kering.

Sangat dianjurkan pada mereka yang memiliki hobi berenang ataupun berjemur suapaya melindungi kulit mereka dengan tabir surya agar radiasi sinar UV-B tidak langsung mengenai kulit dalam yang bisa mengakibatkan rusaknya sel-sel kulit atau mengakibatkan pigmen kulit yang tidak merata dan mengakibatkan bercak-bercak hitam pada kulit.

Paparan Radiasi Ultraviolet B (UV-B) dari Sinar Matahari tidak hanya merusak sel-sel pada kulit tetapi, juga bisa mengenai mata kita. Sinar matahari yang langsung berkontak dengan mata mengakibatkan penyakit katarak, kerusakan pada retina dan kornea mata. Untuk melidungi mata dari sinar matahari langsung dianjurkan menggunakan kacamata hitam agar sinar matahari bisa terpantul kembali dan tidak mengenai mata secara langsung.

 

Baca juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *