Seperti Apa Sih Tanda Penderita Diabetes Itu?

Sudah taukah anda mengenai tanda penderita diabetes? Meskipun sudah dinyatakan sebagai penyakit pembunuh yang berbahaya dan perlu diwaspadai, masih banyak orang yang menganggap remeh penyakit diabetes melitus. Salah satu tindakan yang menganggap remeh penyakit tersebut adalah dengan tidak mengetahui tanda penderita diabetes.

Dengan tidak mengetahui seperti apa gejala atau tanda-tanda orang yang menderita penyakit diabetes, maka jelas anda tidak akan bisa melakukan tindakan pencegahan maupun penanganan dengan obat penyakit kencing manis kering. Bagi anda yang tidak ingin menjadi korban dari penyakit berbahaya tersebut, maka sebaiknya pelajari seperti apa tanda-tanda orang yang menderita penyakit diabetes melalui artikel singkat ini.

Hipoglikemia dan Hiperglikemia, 2 Macam Tanda Penderita Diabetes

tanda penderita diabetesTanda penderita diabetes dibagi menjadi 2 macam jenis jika dilihat dari kadar gula dalam darah. Bila kadar gula dalam darah lebih tinggi dari kadar normal, maka tanda-tanda yang dirasakan oleh tubuh adalah tanda-tanda hiperglikemia. Sedangkan jika kadar gula dalam darah mengalami penurunan, maka gejala yang dirasakan adalah gejala hipoglikemia.

Lalu mana yang lebih mengerikan antara hiperglikemia dan hipoglikemia? Tidak ada yang jauh lebih mengerikan. Karena keduanya sangatlah berbahaya jika tidak segera ditangani. Hiperglikemia yang tidak segera ditangani dapat memicu masalah stroke sedangkan hipoglikemia dapat menyebabkan penderitanya mengalami kejang-kejang dan koma.

Namun memang, tidak semua penderita diabetes akan mengalami gejala-gejala tersebut, Oleh sebab itu, selain waspada dengan gejala hiperglikemia dan hipoglikemia, kita juga tetap harus mengurangi berbagai faktor pemicu penyakit diabetes melitus.

Faktor-Faktor yang Memicu Munculnya Penyakit Diabetes Melitus

Seperti yang sudah dijelaskan, selain waspada dengan tanda penderita diabetes seperti hipoglikemia dan juga hiperglikemia, sebaiknya anda juga mulai mengurangi faktor-faktor pemicu penyakit DM tersebut.

Faktor-faktor yang dapat memicu munculnya penyakit diabetes melitus tersebut antara lain seperti:

• Obesitas
• Pola hidup tidak sehat
• Pola makan tidak teratur dan tidak sehat
• Kurang istirahat dan sering mengalami stress
• Kurang olahraga
• Memiliki keturunan yang pernah menderita penyakit diabetes melitus
• Pernah menderita penyakit diabetes melitus gestasional

Dengan mengurangi sebanyak mungkin faktor-faktor pemicu dan juga waspada dengan berbagai tanda-tandanya, maka kita akan semakin mudah terhindar dari penyakit berbahaya tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *